Skip to content

Emansipasi Blogger

10 Mei, 2006
tags:

Dapet dari blog Enda:

Ribuan blog bermunculan. Di Indonesia sendiri sudah bisa dipastikan makin banyak yang membuat blog, seiring semakin seringnya media offline menayangkan hal-hal seputar blog. Kamu terancam. Ya kamu! Kamu bisa jadi tidak lagi unik.

Jika kamu termasuk orang yang radikal, orang yang selalu meng-akar, maka kamu perlu langkah-langkah untuk mempertahankan dan membentuk aliansi. Berikut saya coba sarikan berdasar pengalaman (orang lain), tentang apa saja yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang blogger yang radikal.

Berikut adalah langkah-langkah menjadi blogger radikal:

1. Stay in focus.
Tinggal di infocus? Bukan! Tajam dan kritis atas satu isu secara terus menerus.
2. Cari teman seide.
Banyak blogger yang memiliki pandangan sama dengan kamu. Meski hanya satu postingan yang cocok denganmu, cobalah untuk mendekatinya, dia bisa menjadi sekutumu. Semakin banyak sekutu, semakin kuat opini yang kamu bentuk.
3. Buat forum khusus.
Bikinlah satu forum yang hanya membahas isu yang kamu dalami. Di sini kamu bisa menyaring teman se-ide-ologi dan tidak. Di sini pula kamu bisa menyebarkan gagasan di antara mereka, atau mendapatkan gagasan baru atas ide-ologi-mu.
4. Tetapkan Agenda Aksi.
Penentuan hari sebagai satu monumen. Bikin satu gebrakan bersama, gaungkan pemikiran kepada dunia.
5. Belajar bahasa.
Ini penting! Bahasa yang paling banyak pemakainya adalah bahasa Inggris, pelajarilah! Jikalau kamu kesulitan, langkah ke-dua di atas bisa menjadi jembatan. Akan lebih bagus kalau kamu berhasil menemukan teman yang beragam, pintar bahasa inggris, ada yang pintar bahasa jerman, ada yang pintar hebrew, dan lain-lain.
6. Percayai dirimu!
Percayalah bahwa gagasanmu adalah ide mendasar. Satu ide yang akan mengubah dunia.
7. Pendalaman rutin.
Sebagai bagian dari pembuatan forum, kamu juga perlu menetapkan agenda rutin untuk pendalaman dan pembekalan baik untuk dirimu sendiri maupun untuk aliansimu. Seandainya kamu memiliki referensi baik orang maupun buku lebih dari satu, tetapkan kapan membahas satu buku dan berapa lama bahasan akan berlangsung.
8. Penampilan.
Ya, tampilan blog kamu! Itu mencerminkan isi kepala kamu. Buatlah, atau minta dibuatkan oleh teman baik yang seide atau tidak, blog yang mencerminkan ide-ologi kamu. Misalnya saja, jika kamu seorang Pancasilais Nasionalis, kamu bisa memasang gambar Garuda, lengkap dengan foto presiden dan wakil presiden di kanan kirinya. Ajak teman aliansimu untuk membuat penampilan yang kurang lebih mirip. Hal ini akan membuat orang langsung menangkap bahwa kalian punya satu visi.
9. Jangan sembarang hosting.
Jika dana memungkinkan, pilihlah hosting yang sesuai. Tentu tidak sulit kalau kamu seorang kapitalis, tapi bagi kamu yang sosialis-agamis, menemukan tempat hosting yang kiri sekaligus religius akan memerlukan waktu lama.
10. Comment moderation.
Ini penting. Comment bisa mempengaruhi citra blog kamu. Rajin-rajinlah menyaring.
11. Jangan gampang menyerah.
Posting dan posting. Semakin sering kamu posting, semakin jelas pula gambaran ide-ologi kamu, maka kamu memiliki potensi untuk mendapatkan pengikut. Jika postinganmu masih belum menarik orang, kamu belum memiliki teman se-ide-ologi, jangan menyerah. Tokoh-tokoh besar dunia membutuhkan waktu lama untuk mendapatkannya, hitungan tahun belumlah cukup.
12. Banyak Membaca.
Ya, ini penting. Baca dan baca. Carilah referensi yang lengkap, yang bisa kamu jadikan alat untuk menganalisis kondisi terkini dengan caramu.
13. Jangan percayai saya.
Karena saya sama sekali tidak radikal. Saya hanya radi-kalem. (alias agak kalem).🙂

vale, demi radi-kalem
el rony, mengunyah permen karet padahal merokok.

Rony’s Blog » How To – Radical Blogger!

4 Komentar leave one →
  1. 11 Mei, 2006 0.18

    haha…pertama !

  2. 11 Mei, 2006 14.12

    TAG UL NYA MANAAAAA!!!

  3. 11 Mei, 2006 19.51

    DAPET EROR 414 PAKE BOOKMARKLET JADI MANUAL gituuu..

    males, singkatnya😀

  4. 13 Mei, 2006 10.26

    wah stuju begete…coz…yg pd gila udah ada di rumah sakit jiwa (lho apa coba?? gak nyambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: