Skip to content

Silaturahmi Keluarga yang… BESAR BANGET!

2 Juli, 2006

Hari ini gue beserta keluarga pergi ke Jakarta buat pertemuan keluarga gitu. Keluarga apa? tanyaku. Keluarga besar eyang putri, kata nyokap gue.

Perjalanan dari Bandung… gelombang 99ers ternyata bertahan sampai kilometer 117+600. Setelah radio terputus, gue TIDOOOOR.

Sampai di Jakarta, rada bingung-bingung juga, soalnya sistem penomoran bla-bla-bla gitu rada kacaw. Hingga akhirnya sampailah kita di nomor 100AW jalan apaa gitu. Deket Fatmawati, pokoke.

*ehem*

Masuk ke dalam, ternyata hadirinnya BUANYAAAK BANGET. Lihat sana-sini, simak ini-itu, ternyata acara adalah Silaturahmi Keluarga Besar Pancasantaha II. Siapa Pancasantaha II? Beliau adalah nenek moyang gue. Buyutnya buyutnya gue.

Undangan semuanya kudu pake nametag yang bertuliskan nama rumpun dan nama sendiri. Iya, rumpun. Maksudnya rumpun di sini adalah keturunan anak Pancasantaha II yang mana. Gue sendiri keturunan R. Ngt. Harjawasana. Atau Hardjowasono? Apalah. Beliau adalah anak pertama Pancasantaha II. Kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan dari masing-masing rumpun, dan penjelasan tentang silsilah keluarga masing-masing rumpun.

Bagian ini nih yang rumit. Ada satu rumpun yang banyak perkawinan silang antar rumpun. AAARRGGHH. Sampe ada satu buku penuh (100+ halaman!) dengan data-data tiap anggota keluarga besar gue ini. Buuuseeeeeettt. Ditambah penggunaan bahasa hibrida Jawa-Indonesia yang makin bikin gue pusing.

Nah, di buku itu, nyokap gue bergelar Raden Ajeng. Sementara yang berdarah ningrat di sini adalah eyang putri gue. Berarti gelar raden ini bisa diturunkan secara maternal dong?

So, gue konfirmasi ke nyokap.

Dan, ternyata gue bisa aja pasang nama ‘Raden Mas Tubagus Andhika Nugraha’. Cuman… Raden Mas kan rada nabrak sama Tubagus yang kayak raden-raden gitu dari Banten.

Sama, gue juga bingung.

6 Komentar leave one →
  1. 3 Juli, 2006 11.02

    loh, skrinsotnya mana?
    kali aja ada yg bening2… hihihi

  2. 3 Juli, 2006 11.07

    skrinsut? oh iya… tapi males ah… skrinsut jepretan gw gag banyak orangnya… harus liat foto keluarga besarrrrnyaa di fotografernya.

  3. 3 Juli, 2006 13.06

    wah…serumpun ama Roy Suryo donk, Chie?? xixixi,….

  4. 3 Juli, 2006 22.53

    oh beda, kalo roy suryo itu keraton yogyakarta, gue keraton solo.

  5. 4 Juli, 2006 20.29

    ckckck..
    Raden Mas Tubagus Andhika Nugraha…

    gelarnya kebagusan..
    =))

  6. 26 Juli, 2006 13.40

    heheheh gw jadi inget sama pailul nya “kompas” ;p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: