Skip to content

Be A Hero

11 November, 2006

Sebenernya, Hari Pahlawan itu kemaren, tapi ya gapapa. Gue emang bilang, Hari Pahlawan itu nggak segitunya spesial buat gue. Ya, karena emang nggak ada perayaan spesial di sekitar gue pada hari itu. Gue malahan baru inget pas udah siang.

Ya, sedikit-sedikit terinspirasi dari donlen.

Apa sih, makna dari seorang pahlawan?

Ada pahlawan yang nyata, yang sekarang udah meninggal. Para pahlawan nasional. Ada juga pahlawan-pahlawan yang fiktif, macam Superman, Batman, dan Spiderman.

Apakah kita pahlawan?

Para pejuang kemerdekaan kehilangan nyawanya demi mempertahankan bangsa ini. Kita patut berterimakasih pada mereka semua, in one way or another. Sementara, superhero yang fiktif tadi, berkali-kali menyelamatkan nyawa orang. Apakah mereka mati atau nggak gara-gara itu, gue nggak terlalu ngikutin.

Gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada orang-orang yang udah meninggal.

Superhero bukan Pahlawan Nasional, tapi mereka pahlawan juga, kan?

Dulu, para pahlawan berjuang dengan keras dalam peperangan. Tapi, dewasa ini, kita bisa jadi Pahlawan Nasional kalo kita jadi ‘orang penting’ buat negara, terus meninggal dunia.

Tapi, gue lebih suka jadi pahlawan kayak superhero tadi. Nggak perlu dibilang pahlawan kalo mau jadi pahlawan.

Uhh… buat contohnya, kita ambil dari artikelnya Iyo.

Pake celana dalam di luar, nggak akan buat kamu jadi Superman. Kamu nggak akan terbang. Kenapa? Karena, secara ilmiah, nggak masuk akal.

Buat cewek, punya alis mata panjang mungkin aja bisa bikin orang tunduk padamu. Kenapa? Karena mereka takut sama kamu.

Adakah seorang sahabat yang selalu membuatmu bahagia? Bukankah dia seorang pahlawan dalam hidupmu?

Charil Anwar. Soe Hok Gie. Harry Roesly. Gue. Berjuang untuk perubahan.

Kamu bisa mengubah banyak hal. Mungkin kita belum bisa mengubah keadaan bangsa, tapi kita bisa mulai dari hal yang kecil.

Sebuah kutipan dari 5cm, karya Donny Dhirgantoro:

Belum pernah ada bukti-bukti nyata dalam angka dan kalkulasi yang bisa dipecahkan oleh ilmu pengetahuan tentang bagaimana keajaiban sebuah mimpi dan keyakinan bisa membuat begitu banyak erbedaan yang bisa mengubah kehidupan manusia. Belum pernah ada. Hanya mimpi dan keyakinan yang bisa membuat manusia sangat istimewa di mata Sang Pencipta. Dan, yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya hanya mereka tinggal mempercayainya.

Untuk mereka yang masih belum percaya—walaupun manusia tidak akan pernah bisa memutar kembali waktu untuk mengulang kembali semuanya dari awal—Tuhan telah memberikan kebebasan bahwa setiap manusia bisa memulai kembali semuanya dari sekarang, untuk membuat akhir yang baru, akhir yang lebih indah.

Hari ini kamu piket. Kamu membersihkan kelasmu yang kotor setelah seharian dipakai untuk belajar. Kamu telah mengubah keadaan yang kotor menjadi bersih.

Atau mungkin, kamu memenangkan olimpiade sains internasional. Kamu telah mengharumkan nama bangsa.

Kamu menjadi contoh yang baik bagi teman-teman kamu. Seorang teman mengubah dirinya karena terinspirasi olehmu. Karena kamu.

Kemudian teman kamu turut berprestasi dan memenangkan olimpiade sains internasional juga.

Dan seterusnya. Efek domino. You don’t need superpowers. You don’t need to die on the battlefield.

Bahkan, jadi pahlawan itu bisa lebih mudah lagi.

Teman kamu sedang bad mood. Kamu kejebur di got. Teman kamu tertawa, dan moodnya kembali.

Bayangkan. Jatuh di selokan bisa membuatmu seorang pahlawan.

Tanpa disadari, kita sudah menjadi pahlawan. Karena kita adalah manusia.

Yang kamu butuh hanyalah kemauan. Keinginan untuk membuat orang lain bahagia. Keinginan untuk berubah dan mengubah.

Jangan hanya mengenang jasa-jasa Pahlawan bangsa. Jadilah pahlawan bagi dirimu sendiri dan orang lain.

8 Komentar leave one →
  1. moot permalink
    11 November, 2006 10.41

    hehehe,
    bener pake celana dalem di luar gak bakal jadi pahlwan, karena emang gak masuk akal,
    gak usah repot2 kan?
    jatuh dari got pun bisa jadi pahlawan ya?

    ya udah,
    i want to make your smile aja..
    jadi pahlawan bwt diri sendiri dan orang lain..
    bener tuh,

  2. fieldmarshall permalink
    11 November, 2006 12.40

    hehehe… just keep smiling,will ya??

  3. 11 November, 2006 22.52

    tumben kamu mau nulis post yang panjang…
    kamu juga udah jdi pahlawan loh, chie…

  4. 12 November, 2006 8.06

    *applause buat gichie*

  5. dTha diTh permalink
    12 November, 2006 13.04

    iyah,,kamu bener,, yang kamu butuh hanyalah kemauan. keinginan untuk membuat orang lain bahagia. Keinginan untuk berubah dan mengubah. Di 5cm ditulis jga kalo kita harus bisa menjadi orang yang membuat orang lain bernafas lebih lega karena keberadaan kita disitu. hmm,,

  6. Galm 1 permalink
    13 November, 2006 13.02

    -_-;

  7. me. permalink
    13 November, 2006 18.31

    *ketawa melihat anjing yang menggonggong, sementara kafilah masih berlalu*

  8. Tendo-Soji permalink
    16 November, 2006 14.14

    Can we protect the one we want to?

    Don’t be like me. I lost that person, it’s my fault….

    Just:
    You’re a hero from your heart, not (only) from what you done.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: