Skip to content

Ago

10 Januari, 2007

Delapan tahun yang lalu gue mengenal benda yang namanya komputer. Kelas I SD dulu gue emang nggak ngerti fungsinya apa, tapi gue apal suara-suaranya, bentuknya, dan letaknya di meja komputer, dekat ruang keluarga. Setahun kemudian, setelah hijrah ke Melbourne, kebetulan gue serumah (iya, numpang gitu) ama pakar IT (“pakar” untuk ukuran gue, dan BUKAN pakar itu). Gue udah ngerti beberapa basic teknik memakai komputer, tapi gue masih penasaran sama satu hal. Jadi, gue tanyain aja.

“Om, gimana sih, cara mindahin yang dari start menu ke desktop?” (or something like that)

Dan beliau mengajariku. Dengan lihai, ia gerakkan kursor ke start menu. Klik. Menuju “Programs”. Klik lagi. Kemudian digerakkan lagi sampai letaknya di atas ikon salah satu aplikasi pada start menu tersebut. Dikliknya ikon itu. Tapi tidak ia lepas! Ia tahan, sampai posisi kursor berada di desktop. Baru ia lepaskan.

It was a feature known as “drag-and-drop”.

And I saw THE LIGHT!

Momen itu gue sebut-sebut sebagai titik awal sejarah perkomputeran gue.

Kemudian gue dikenalkan pada Internet. Masih pake modem sih, tapi bisa jalan. Terus pindah rumah, bokap nambah satu line telepon khusus buat modem. Tapi masa jahiliyyah perinternetan (halah) tidak berlangsung lama. Bokap masang Optus@Home (sekarang Optusnet Broadband), yaitu sebuah koneksi kabel. Jatah bandwidthnya sebesar 3 GB. Cukup lah.

Download ini-itu, browsing, streaming, semuanya cepet. Tapi gue nggak pernah tau, berapa kecepatan asli koneksi itu. Kayaknya sih, 1Mbps.

Pada masa-masa ini, aku mulai bermain-main dengan HTML.

Perjalanan desain web gue bermula pada sebuah situs yang bernama Neopets. Di neopets, kita dapat membuat satu, dan hanya satu, halaman dengan HTML.

HTML dan CSS yang dipakai memang sangat “kotor” (proprietary IE extensions), tapi hasilnya cukup keren. Gue belum ngerti dan peduli soal box model. Gue gak pake WYSIWYG. Just plain ol’ HTML.

Terus, pindah ke Frontpage. Sebetulnya, nyasar ke sana. Dari frontpage, gue nyasar lagi belajar VBScript ama ASP.

Sampai suatu saat, gue pindah pake Opera. Bye bye, Internet Explorer! Waktu itu tahun 2002 atau 2003… gue lupa. Gue ngutak-ngatik lagi HTML, CSS, ama Javascript. Eh, waktu itu gue udah pindah pake XHTML, tapi masih pake Frontpage!

Dari Opera, gue menemukan Mozilla Firebird 0.6.1. Langsung gue hijrah ke browser itu. Tapi editor masih tetep Frontpage. Parah! Suatu saat kemudian gue hijrah penuh pake plain-text. Tapi gue lupa, sejak kapan dan pake apa.

ID gue, alias gue, apapunlah gue di Internet gonta-ganti selama masa internet kabel ini. Di antarnya, kintao7, dhika8, dan kintao8. ID gue di Gunbound waktu itu adalah kintao8. Gue cukup aktif di Gunbound waktu itu. Gue nemu sebuah forum yang bernama Gunbound Sector. Sekarang forum itu sudah punah. Di gunbound sector gue belajar banyak tentang programming dan desain. Gue nyoba bikin beberapa skin Gunbound (iya, dulu bisa diskin!).

Setiap skin tidak berlangsung lama. Karena gue BOSEN! Setiap sekitar dua minggu, pasti gue gatel, dapet inspirasi baru, bikin skin baru lagi.

Oh iya, sejak gue di Gunbound Sector, id gue jadi phrostypoison.

9 Komentar leave one →
  1. 11 Januari, 2007 9.05

    kenapa Id nya ga gichie aja? lucu tuh? :p

  2. 11 Januari, 2007 17.42

    gile smua yg lo tau dr lo kecil.. gw baru tau taun kemaren…

    *gantung diri*

  3. 12 Januari, 2007 14.25

    kyaaaaaaaaaaaa…. blog ini desain-nya keren bgt! SUPERB🙂

    boleh nodong minta dibikinin layout sekeren ini ngga? hehehehe🙂

  4. 12 Januari, 2007 19.53

    Membingungkan.

    boleh nodong minta dibikinin layout sekeren ini ngga? hehehehe

    Itu ‘kan Skin WordPress.

  5. 12 Januari, 2007 21.20

    Layoutnya keren Gich!

    Huehuehuehuehuehue…

    *Muntah*

    Back to topic…

    Hmmm, perjalanan hidup? Gue ngga bisa apa-apa nih soal programming, tapi kalo fotografi ya bolehlah…

  6. 13 Januari, 2007 2.02

    emangnya apaan c crutt? kalo susah ya mbok di ganti yang laen aja.. (tetep nagih xp)

  7. 13 Januari, 2007 13.19

    [QUOTE]Perjalanan desain web gue bermula pada sebuah situs yang bernama Neopets. Di neopets, kita dapat membuat satu, dan hanya satu, halaman dengan HTML.[/QUOTE]

    Dulu Neopets sangat usum di TBI. Entah kenapa aku lebih tertarik membuka Wikipedia.

  8. 13 Januari, 2007 22.42

    Wah keren. Mister Smarty-Pants!

  9. ARFINDA permalink
    12 Desember, 2007 8.42

    WEEEEEEBBBUUUUAAATTTTT
    PUOOOOOLLL
    KOWE PANCEN TOP TEN LEEEE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: