Skip to content

Sepi

14 Februari, 2007

Ujian.
Ujian.
Ujian.

Kata yang gue tulis tiga kali di atas itu memiliki arti yang sangat besar bagi seluruh pelajar kelas XII maupun IX di Indonesia, terutama di sekolah-sekolah negeri.

Ujian Nasional 2007 dilaksanakan pada tanggal 24. Sekitar dua bulan lagi. Tapi persiapan bagi mereka yang mementingkannya tentu udah dari lama, terutama di semester genap.

Gue mau nge-highlight soal UN di dunia SMP kelas IX.

Bagi anak-anak yang ‘rajin’ dan ingin masuk SMA yang mantep, mereka udah nyiapin dari awal banget. Dari awal, dari kelas VII. Ada juga yang nyiapin dari kelas IX, semester ganjil. Ada juga yang baru siap-siap semester genap ini. Kalo gue sih, nggak terlalu mentingin ujian.

Seperti yang gue bilang, UN ini menjadi ‘penting’ karena kegunaannya untuk kelulusan dan NKU saat PSB di SMA nanti.

Kenapa harus pake Ujian, sih?

Pelajaran tiga bidang studi selama tiga tahun dirangkum dalam lima puluh soal pilihan ganda yang dikerjakan selama dua jam.

Dan semua orang dibuat parno karenanya. Dari satpam sampe kepala dinas pendidikan.

Bimbel sana-sini. Les ini-itu. Pemantapan jam segini.

Ilmu yang sesungguhnya tiada batasnya itu seolah menjadi lorong yang sangat sempit.

Ketiga pelajaran yang di-UN-kan memang penting.

Tapi perlukah dijadikan sepenting itu?

Tulisan ini gue akhiri di sini sebagai ungkapan isi hati yang buram, yang mungkin tidak membuahkan solusi yang bagus. Biarin.

4 Komentar leave one →
  1. 14 Februari, 2007 22.33

    usaha 3 taun dinilai dr bulet2 LJK 3×2 jam?
    ga deh..

  2. 15 Februari, 2007 19.54

    dasar anak jaman skrg…
    keq adek gue aja..

    btw, gichiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeee…..
    kangen euy ngobrol2 lagi
    pakabar dirimu??
    smngt yaa!!!

  3. 24 Februari, 2007 14.29

    no,,no,,no!!! dun remember me about this! aaakkhh.. nooo!!!!!

  4. 25 Februari, 2007 10.58

    bikin stress.
    bikin inget masa-masa dimana gue ngadepin UAN.
    masa-masa dimana nem gue jelek.
    aarrggghh!!

    untungnya.
    **baru denger-denger**
    ntar bagian gue kelas 12.
    ga ada UN. yess ! brarti kaliaan juga =)

Tinggalkan Balasan

