Skip to content

Roti Bakar

9 Maret, 2008

Saat seseorang bergabung dalam sebuah organisasi, maka seharusnya sih, tuh orang berkomitmen sebagai anggota organisasi tersebut.

Hal tersebut tetap berlaku saat seseorang tergabung dalam beberapa organisasi sekaligus.

Lalu tiba-tiba suatu hari, orang itu kayak disuruh milih antara pacar dan selingkuhan.

Buset, perumpamaannya jelek banget.

Jadi, orang itu bentrok semua acaranya. Organisasi A ada acara ini, B ada itu, C ada itu, D ada itu.

Bayangin, banyak banget gitu yang bentrok.

Nah, hal tersebut sering banget, banget, banget gue alami.

Kalo gue lagi kosong, gue kosong banget.

Kalo gue lagi sibuk, bentrok semua.

Dan saat-saat itu, gue terpaksa harus milih. Harus ada yang dikorbanin.

Gue pernah diajarin soal manajemen waktu. Bahwa kita harus pinter ngebagi-bagi komitmen.

But here’s the painful truth: it’s not that easy.

Sebatas bikin skala prioritas, jadwal pribadi, agenda harian, itu gampang. Cuma pikiran dan tulisan doang.

Misalnya elu ikut lima organisasi: A, B, C, D, dan E.

Lu akalin, lu bagi waktu lo, 20% buat A, 20% buat B, 20% buat C, 20% buat D, dan 20% buat E.

Sampe situ, masih gampang.

Tapi lu liat lagi. Ada temen lu yang cuma ikut A. 100% waktunya dia kasih buat A.

Nah, itu konsekuensi dari berbagi komitmen: lu mengorbankan 80% dari waktu lo buat masing-masing dari lima organisasi itu.

Lu bisa pikir, orang-orang bakal pengertian sama elu, karena elu sibuk ini-itu.

Oke lah, mereka bakal ngerti elu.

Mereka bakal ngerti: elu tuh orangnya sibuk banget, dan sering banget bentrok acaranya.

Akhirnya, bisa aja, lu nggak dianggep reliable lagi. Bisa aja, lu ilang kepercayaan.

Atau skill lo ilang, dikit demi dikit.

Bisa aja.

Tapi, jangan pesimis dulu. Itu perumpamaannya kasar banget.

Gue punya mimpi: menjadi yang terbaik di semua hal yang gue lakuin.

Apakah itu webdesign, programming, debating, musik, teater, jurnalistik, atau apapun itu.

Susah kan?

Nah, belum lagi kewajiban kita yang lain: sebagai umat beragama, sebagai pacar (misalnya), sebagai anggota geng anu, blablabla.

Ujung-ujungnya kita harus lebih tegas dalam menentukan pilihan.

Kalo nggak, bisa aja kita jadi nggak bener di semua hal yang kita lakuin.

The only thing to regret is regretting the choices made in life.

Percuma nyesel apa-apa. Berkorban adalah konsekuensi dari pilihan kita, jadi jadikanlah pengorbanan itu worth-it.

Gue sendiri sih masih ngerasa, gue sendiri belum ngelakuin apa yang gue bilang di atas.

Nah, kalo lo orangnya beruntung dan nggak punya setumpuk acara yang bentrok semua dalam satu periode waktu, lo nggak perlu mengorbankan sekian banyak acara demi acara lain. Tapi kalo lo orangnya kayak gue, mungkin suatu saat lu bakal dihadapi situasi kayak gini.

Tapi gue cuma mau berbagi. Might be useful.

Jangan takut berkorban, karena kalo lu takut, percuma lo berkorban.

EDAN BANYAK QUOTES BARU HAHAHA.

NAONDEUI.

Lalu ada apa dengan roti bakar?

Roti bakar cuma makanan yang paling sering Venny beli di kantin kalo lagi istirahat…

6 Komentar leave one →
  1. 10 Maret, 2008 5.21

    haha ciee soksok FILOSOFIS

  2. 13 Maret, 2008 18.50

    anak jaman sekarang udah pada stress gini yahh?. hahahahahahahh.
    saya dulu waktu masih berseragam putih abu cuma ikut dua organisasi saja, konsen sama dua itu saja. sama yang lain mah cuma nyuri-nyuri ilmu dan datanya sajaa,biarin, itung itung belajar pelan pelan.hehe. nyemplung trus ngambang lagi, bukan nyemplung terus menyelam. tapi dua-duanya masih sama-sama basah kan. ± begitu dek.

  3. devishanty permalink
    14 Maret, 2008 16.10

    hai gichie.. met kenal ya.. beuhhhhhhhhh kamana atuh met kenal.. kita udah kopdaran duluan tapi blm kenal di dunia maya😛 itu loh yg waktu itu ketemu di j.co ahahahaks
    btw aku dulu sma tetangga kamu loh *gag penting.

  4. 14 Maret, 2008 20.25

    huahaha. halo devishanty.

    syyug: a change for the better, i guess.

    rarasekar: it’s a human right!

  5. 19 Maret, 2008 4.20

    welcome to the club.

  6. ciptati permalink
    22 Mei, 2008 9.58

    Hi,
    How are you? I read your blog from UBD senate room, while the students from ASEAN’s university present their paper in order to follow “Young Speaker Contest”.
    How was your days while I was away?

    C u soon…

Tinggalkan Balasan

