Skip to content

Nggak Susah Jadi Hijau

16 Desember, 2008

Asalnya sih cuma komen di blognya Iyo, tapi ternyata komennya hampir sepanjang postnya.

Anyway, here it goes.

haha, tambahan dari gue adalah, kumpulin sampah kertas, koran-koran bekas, dan lain-lain, lalu jual ke tukang loak.

tempat sampah sekolah, jarang banget yang pemisahannya dilaksanakan sampai ke tempat pengumpulan sampah sekolah tersebut. di dalam, biar keren aja ada tulisan organik-anorganik, tapi akhirnya dikumpulkan dalam satu tempat yang sama, sama aja boong.

jasa-jasa pemulung juga patut kita hargai. mereka mengumpulkan sampah plastik lalu disatukan. kantong plastik memang pada umumnya tidak dapat didaur ulang, tapi botol AQUA yang terbuat dari PET bisa. coba ambil satu dan lihat bawahnya, ada logo daur ulang. lalu, walaupun ini sotoy sih, tapi logikanya kan sampah-sampah plastik itu dijual/dikirim ke depot pendauran ulang yang entah di mana, jarang dipublikasikan.

iklan aja sih, tapi menurut gue, retailer yang paling ramah lingkungan sepanjang ini adalah Super Indo. Yogya masih setengah hati, apa lagi hypermart. haha, iklan. oh ya, ada lagi masalah dengan kantong reusable yang banyak dijual. memang, yang keren-keren itu pake kain atau kanvas, tapi banyak juga yang berbahan polyester. plastik-plastik juga tuh, tapi seenggaknya emang sih, bisa dipake berkali-kali jadi dampak ke buminya makin sedikit. buat minimarket, gue mengacungkan jempol pada CK yang by default nggak ngasih kantong plastik. kalau Anda belanja di Waroong yang cuma menyediakan kantong kertas juga, kalau Anda tidak berniat memakai lagi kantong mereka yang sangat lucu itu, sebaiknya Anda tolak saja, karena pohon yang digunakan untuk membuat kantong kertas itu bisa diselamatkan. lalu gue sangat menyesali keputusan McDonald’s Indonesia yang sejak entah kapan mulai menggunakan kantong plastik, padahal setau gue, sepanjang sejarah McD di seluruh dunia, mereka selalu pakai kantong kertas yang dibuat dari kertas daur ulang.

bagi yang berkendaraan solar, cari SPBU yang menyediakan biosolar. asapnya tetap hitam, tapi asapnya berasal dari tumbuhan, dan bukan dari cadangan bahan bakar fosil yang aslinya udah dikunci dalam perut bumi selama berjuta-juta tahun. artinya, hutan-hutan dunia tidak akan bermasalah mendaur ulang karbon yang diemisikan, karena karbon tersebut memang berasal dari tanaman.

tapi tetap saja, cara paling umum dan dikampanyekan adalah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. asap yang dikeluarkan tetap menjadi beban bagi hutan dunia, dan bagi Bumi.

lalu, yang paling mudah: gunakan kedua sisi selembar kertas. kalau perlu fotokopi, sebisa mungkin bolak-balik. kalau tidak bolak-balik, saat fotokopian udah selesai dipake, sisi kosongnya dipake buat yang lain.

untuk dekorasi kegiatan, ganti styrofoam dengan triplek. cari aerosol ramah lingkungan, atau gunakan cat bibit saja.

nggak susah kok untuk memulai dari diri kita sendiri. kalau memang kita masih butuh kendaraan pribadi untuk mobilitas tinggi, coba datang ke WALHI atau Greenpeace dan kalkulasikan penggunaan karbon Anda. lalu, teman-teman kita di sana akan dengan senang hati membantu Anda menjadi carbon-neutral — setiap ton karbon yang Anda emisikan ditutupi dengan pembelian pohon atau pendanaan aktivisme lingkungan yang menuju pada perbaikan sistem pendauran ulang karbon alami Bumi.

dan tentunya, membuat tulisan seperti Iyo dapat membantu.

Let’s go bike!

8 Komentar leave one →
  1. 17 Desember, 2008 1.44

    *muntah-muntah*
    *berak-berak*

    muntaber dah gw. 😛

  2. 17 Desember, 2008 7.13

    bisa dijadiin biogas lho…

  3. 18 Desember, 2008 16.52

    ngebantu banget…. gue baru tahu kalo di WALHI bisa kaya gitu…
    thanks!
    salam kenal!

  4. 19 Desember, 2008 7.47

    hiro: haha, sebenernya saya juga nggak tau pasti, tapi seharusnya sih iya😛

    secara umum sih, memang ada LSM-LSM yang bisa membantu carbon offsetting, mungkin WALHI bisa, tapi yang jelas, ada lah.

  5. 23 Desember, 2008 0.57

    bsok jadi sepedaan? haha

  6. 20 Mei, 2010 1.14

    Yups. Semangat go Green…. !!!

  7. 18 Oktober, 2010 19.41

    maaf ya, mau masang info dikit, bagi teman2 yang mau kulit putih,langsing, sama ninggiin badan ni ada Tenlung. hrga murah..

  8. 3 Juni, 2011 8.55

    key…salam knal buat walhi n community…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: